Mengenal dan Memahami Pentingnya Business Model Canvas Untuk Usaha

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Kita Memulai Usaha ? 

Di video ini praktisi bisnis Ato Sunarto akan menjelaskan mengenai Business Model Canvas, bagaimana pengertian, alur / cara analisa dan bagaimana metode ini dapat membantu dalam mengawali sebuah usaha.

BeraniJadiPengusaha.id Seperti kita ketahui, seringkali ketika akan memulai usaha kita dihadapkan pada beberapa pertanyaan mendasar, seperti :

  • apakah bisnis yang akan kita jalankan ini dapat berkembang nantinya ?
  • Apakah terdapat pasar atau target market potensial yang bisa dibidik dari bisnis yang kita jalankan ?

Untuk bisa mengusir kegalauan di tahap awal membangun usaha, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan membuat Business Model Canvas terlebih dahulu.

Apa Itu Business Model Canvas ?

Business Model Canvas merupakan salah satu tools untuk memetakan dan menganalisis model bisnis. Yang disebut sebagai model bisnis adalah penjelasan bagaimana sebuah organisasi membuat, menyalurkan serta mendapat keuntungan dari nilai tambah/value yang diberikan.

Model bisnis ini pertama kali diperkenalkan oleh Alexander Osterwalder dalam bukunya yang berjudul Business Model Generation, dimana dalam buku tersebut Alexander mencoba menjelaskan sebuah framework sederhana untuk mempresentasikan elemen-elemen penting yang terdapat dalam sebuah model bisnis.

Jika dilihat sepintas, sebenarnya alur business model canvas nampak cukup sederhana. Secara garis besar, alurnya mengalir dari satu elemen bisnis menuju elemen penting berikutnya.

Melalui Business Modal Canvas ini kita bisa menganalisa poin-poin apa saja yang harus diperhatikan ketika kita memulai bisnis. Dengan memahami Business Model Canvas maka kita bisa menerapkan strategi untuk perusahaan agar bisa bersaing dengan perusahaan lain.

9 Elemen Business Model Canvas

Dalam Business Model Canvas, terdapat 9 elemen yang harus diperhatikan, yaitu

  1. Customer Segment

Memulai bisnis sebaiknya diawali dari customer segment terlebih dahulu karena bisnis sejatinya adalah solusi dari sebuah masalah, yaitu untuk menjawab problem apa yang dialami oleh konsumen. Bisnis yang dimulai dari sebuah kebutuhan seringkali lebih mudah daripada membuat produk tanpa mengetahui apa kebutuhan dari konsumen.

2. Value Proposition

Yaitu nilai tambah yang bisa kita berikan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan customer.

3. Channels

Channel berfungsi sebagai saluran distribusi atau saluran informasi supaya value proposition kita sampai di benak customer.

4. Customer Relationship

Bagaimana customer bisa melakukan pembelian berulang atau pembelian kembali atau dengan kata lain bagaimana strategi kita mengubah konsumen menjadi pelanggan.

5. Revenue Stream

Yaitu bagaimana strategi supaya usaha kita mendapat penghasilan. Seharusnya bisa lebih dari satu revenue stream.

6. Key Resources

Apa saja sumberdaya-sumberdaya yang tersedia untuk mendukung terciptanya value proposition.

7. Key Activity

Apa saja aktivitas atau kegiatan yang dapat dilakukan untuk menunjang terciptanya value proposition.

8. Key Partner

Seringkali kita membutuhkan partner dalam memulai usaha, baik dalam hal pembiayaan atau sumberdaya manusia atau dalam penyediaan bahan baku.

9. Cost Structure

Struktur biaya dari semua rangkaian elemen yang terdapat di model bisnis kita.

Lebih jelasnya mengenai 9 elemen di atas bisa Anda simak melalui video di bawah ini. Mulai menit 9:17 di video ini telah disertakan juga contoh penerapan Business Model Canvas ini pada produk BATIK TULIS supaya mempermudah pemahaman kita untuk kemudian dapat menerapkan model bisnis ini pada usaha yang sedang kita rencanakan atau jalankan saat ini :

Semoga bermanfaat ya.

Jangan Lupa Subscribe untuk Dapatkan Update Video Terbaru
dari Berani Jadi Pengusaha 

BeraniJadiPengusaha.id menyajikan informasi seputar wirausaha yang dapat diakses atau dibaca dalam bentuk video dan atau artikel mengenai usaha. Termasuk di dalamnya meliputi tips, wawancara, cerita bisnis, peluang usaha hingga event workshop, seminar, pelatihan & e-course panduan bisnis untuk membantu Anda menemukan prospek usaha yang menjanjikan.

Dikelola melalui jaringan  Metamorfosa.id, ikuti juga jejaring media informasi kami disini :